ECM E-kom Cyber Media

Carilah Ilmu Selagi Hayat Dikandung Badan

Langkah-langkah Menyisipkan Gambar pada WordPress

Posted by Eko pada Juli 23, 2008


Langkah-langkah meng-unggah (upload) dan menyisipkan gambar di dashboard baru sangat berbeda dengan cara sebelumnya, tutorial ini akan memandu anda, selesai anda mengikutinya, anda akan kembali nge-blog dgn asyik. Saya akan menyertakan “beberapa tips” selama cara saya ini dapat ampuh membantu anda.

Langkah 1: Buka postingan (artikel/tulisan) baru, atau mana saja yang ingin anda sisipkan gambar padanya. Jika itu postingan baru, berilah judul dan klik save (simpan). Jika anda ingin menambahkan teks, langsung lakukan saja. Ketika anda siap untuk menyisipkan gambar, klik save terlebih dulu, lalu letakan kursor di tempat anda ingin sisipkan gambar tersebut.

TIPS Fitur autosave akan meninggalkan kursor persis di tempat gambar anda berada, kecuali jika anda klik tombol save, kursor akan lenyap dari area naskah dan anda musti meletakannya lagi pada point penyisipan gambar sebelum anda lakukan penyisipan.

Langkah 2: Klik tombol “Add an Image” pada atas kanan di area editor

Langkah 3: Klik tombol “Choose files to upload”. [Ralat: Tombol “Insert into Post” pada bagian bawah tombol “Choose files to upload” hanya untuk menyisipkan gambar ketika anda telah memasukan URL dari sebuah gambar.]

Langkah 4: Arahkan ke lokasi gambar lalu pilihlah file-file yg hendak anda unggah. Untuk memilih multi file, tekan ctrl-klik (di komputer Windows) atau cmd-klik (di komputer Mac) file-file yang akan unggah, jika sudah selesai klik tombol “Select” (nama bisa bervariasi tergantung Operating System-nya).

TIPS! Dalam beberapa contoh some instances saya telah mencatat bahwa ketika memilih multi file untuk diunggah, ada peluang bagi salah satu dari file-file tsb tampil di daftar dengan tanda “?” yang menandakan file-file tersebut belum terunggah. Dalam hal ini, anda wajib memilih ulang file yang tak terunggah tersebut dan menguploadnya lagi. Perhatikan ketika anda lakukan penyisipan, sebuah nomor akan dilampirkan pada akhir nama file oleh WordPress. Hal ini untuk mencegah anda gak sengaja menimpa file-file yang sebelumnya telah terunggah. Kemudian, beralihlah ke Manage > Media Library dan hapuslah file-file yang tak terunggah.

Langkah 5: Begitu file-file telah terunggah, jendela akan berubah menampilkan seperti anda lihat di bawah ini. Klik “Save all changes” untuk menyudahi unggah.

TIP! Meng-klik tombol “Save all changes” ketika unggah selesai merupakan bagian penting dan ini memaklumkan tutupnya proses penyisipan dan menyelesaikan masuknya database (database entries). Jika anda tidak meng-klik tombol itu, kadang gambar gak bisa diakses dan penyisipan ke sbuah postingan atau halaman.

Langkah 6: Klik pada link“Media Library” di sebelah atas jendela maka jendela akan tampil seperti yang dana lihat di bawah ini. Klik di mana saja pada baris bersama gambar yang anda ingin sisipkan – atau pada link “Show” sebelah kanan, atau pada thumbnail di sisi kiri.

Langkah 7: Gulung ke bawah pada kotakhasilan dan anda dapat memilih gambar tertaut (terlink) ke file gambar di unggahan anda, atau ke halaman naskah, atau anda dapat memasukan URL yg anda inginkan. Seting Alignment tidak akan mempengaruhi penataan gambar di naskah, gantinya; tariklah sebuah seting CSS untuk gambar pada tema jika tersedia. Hal ini tidak merubah perataan gambar dalam naskah postingan. Pilihlah ukuran gambar yg anda ingin kanduntu disisipkan (thumbnail, medium atau full size). Kalau sudah selesai, klik tombol “Insert into Post” dan beberapa detik kemudian anda akan dikembalikan ke editor naskah atau halaman anda, gambar akan muncul di tempat anda meletakan kursor.

TIPS! Saya punya sepasang contoh di tempat saya pilih “none” bagi tautan URL, WordPress mengabaikan saya dan meletakannya pada sebuah link begitu saja. Jika ini terjadi, cara mudahnya adalah meng-klik pada gambar untuk memberinya highlight dan klik ikon “remove link” pada toolbar (ikon tautan yang terputus).

Nah, cukup banyak. Untuk menyisipkan gambar-gambar tambahan anda dapat meng-klik Add atau Image, atau tombol “Add Media” lalu klik pdada tautan “Media Library” pada atas jendela yang muncul, pilih gambar yang lain dan sisipkan dengan cara yg sama (Langkah 6 dan 7).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: