ECM E-kom Cyber Media

Carilah Ilmu Selagi Hayat Dikandung Badan

Sistem Operasi Online

Posted by Eko pada Juli 18, 2008


Berbekal notebook yang hanya ter-install sistem operasi plus browser serta dilengkapi modem internet, apakah Anda bisa mengerjakan seluruh pekerjaan kantor dengan mudah? Hmmm, bisa nggak ya?

Padahal, pekerjaan kantor itu biasanya meliputi aktivitas mengetik dokumen, mengerjakan spreadsheet, mengolah gambar, dan, biasanya sih, bekerja sambil mengerjakan musik. Apakah bisa semuanya dilakukan lewat sebuah Web browser?

Jawabnya: bisa saja. Kini banyak layanan Web operating system yang bisa membantu Anda mengerjakan seluruh aktivitas berkomputer. Nah, layanan inilah yang bisa Anda pakai sebagai pengganti atau alternatif dari sistem operasi utama di komputer Anda, utamanya jika sistem operasi tersebut memang minim aplikasi kantoran.

Layanan seperti apa yang layak dipilih? Tentu saja yang lengkap. Boleh jadi OS online tersebut harus memiliki aplikasi kantoran yang komplet, aplikasi kirim pesan (e-mail client dan instant messaging), pemutar aneka hiburan, sampai aneka pengedit foto.

Cicipi Glide

Pilihan sistem operasi online dengan aneka aplikasi komputasi kini banyak tersedia. Terhitung sudah lebih dari jumlah jari di tangan. Salah satunya adalah layanan Glide (http://www.glidedigital.com). Selain via komputer (baik notebook atau pun PC desktop), Anda juga bisa mengaksesnya lewat ponsel seperti iPhone dan PDA ber-internet browser, hanya dengan mengunjungi alamat https://xmobile.glidesociety.com.

Tampilan utamanya serupa desktop di PC dengan icon-icon fasilitas yang tersedia. Di sisi kirinya terdapat panel berisi root dan folder berisi file dan dokumen. Di luar fasilitas untuk urusan kantor, Anda bisa mencicipi pemutar musik, video dengan dukungan aneka format video, serta memanfaatkan aplikasi pengolah foto yang bisa mengolah file Adobe Photoshop berformat PSD. Fasilitas RSS feed juga ada.

Untuk urusan kantoran, ada fasilitas program mailer serupa Outlook Express, kalender, bookmark Web, Web publishing, pengolah tabel, kalkulator, chat, penyusun presentasi, dan, tentu saja, pengolah kata. Sekali mendaftar, Anda akan mendapatkan Personal Hard Drive Container untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan pada server Glide. Versi gratis layanan ini memberikan kapasitas sampai 4GB untuk menyimpan data.

Pengolah katanya, Glide Write, tak beda dengan program pengolah kata pada umumnya. Ada fasilitas pengelolaan huruf, format, pemeriksa ejaan, sampai fasilitas thesaurus. Setiap dokumen secara default akan disimpan dalam format HTML, tetapi bisa juga diubah menjadi format DOC, PDF, RTF, dan TXT.

Fitur pembuat presentasi, Glide Presenter, menawarkan banyak dukungan multimedia dan kemudahan pemakaian. Themes, format teks, sampai filter telah tersedia dan siap pakai. Multimedia files yang tersimpan dalam container Anda bisa dipakai sebagai penghias presentasi. Data presentasi bisa disimpan dalam server atau diekspor menjadi file berformat PPT.

Layanan ini juga menyediakan Glide Web Publishing, fasilitas untuk membuat halaman Website — serupa Microsoft FrontPage. Aplikasi ini menyediakan template Web siap-pakai yang bisa langsung disiarkan secara online.

Namun fasilitas yang paling menarik sebenarnya adalah PhotoEdit. Aplikasi pengedit foto online ini menawarkan aneka fitur serupa aplikasi pengolah foto di PC. Ada sekitar 50 filter, efek, dan tool manipulasi foto yang disediakan. Bahkan ada pula fasilitas auto-contrast, auto-color, auto-redeye reduction, equalize, invert, substract background, edge detection, dan juga penambah noise.

Mencicipi Online OS

Bagaimana menggunakannya? Gampang saja. Ikut saja panduan berikut mengenai cara cepat menggunakannya. Oh ya, aplikasi yang tersedia di sistem operasi ini adalah Contacts (daftar alamat), Chat (instant messaging), E-mail (e-mail client), Share (P2P client), Calendar, Edit (drawing tool), Write (text editor), Crunch (spreadsheet), Present (presentation), Publish (web editor), Photos (photo retouching), Music (music player), Video (video player), Docs (file management), dan Bookmark.

Ketika masuk ke dalam halaman ini, Anda tinggal klik [Sign Up] untuk mendaftarkan diri dengan mengisi sejumlah formulir online. Konfirmasi akan diberikan via e-mail dan secara otomatis Anda juga akan mendapatkan sebuah akun e-mail dari Glide.

Tunggu beberapa saat sampai jendela aplikasi muncul di layar. Sistem operasi online ini memiliki dua panel. Panel kanan berisi daftar aplikasi (yang nantinya berubah menjadi jendela kerja setiap aplikasi) dan panel kiri berisi direktori folder simpan file-file yang Anda buat dan olah. Folder simpan (disebut container) ini berada di drive virtual yang diberikan Glide untuk Anda.

Daftar aplikasi di sini ada sekitar 15 aplikasi, mulai untuk urusan kerja sampai hiburan. Untuk menggunakannya, Anda tinggal klik salah satu aplikasi, misalnya Glide Write, dan sebuah dokumen kosong akan tampil di layar dalam sebuah jendela baru. Selanjutnya, Anda tinggal mengetikkan dokumen. Toolbar dan fitur yang tersedia cukup mudah dipahami sehingga Anda akan mudah mengelolanya.

Jika sudah, Anda tinggal klik tombol [Save] bericon disket yang ada di toolbar atas. Secara otomatis, file akan disimpan dalam drive virtual. Namun Anda juga bisa melakukan [Save as], lalu menyimpan dokumen ke dalam removable disk seperti flash drive. Jika sudah, untuk berpindah aplikasi, Anda tinggal klik tab [Application] yang ada di bagian atas desktop online. Gampang, bukan?

(sumber: PCplus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: